Pemasaran
Pemasaran
|
Konsep inti
|
Konten Promosi
|
Media promosi
|
Pemasaran (bahasa
Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang
bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Marketing merupakan satu bagian yang memiliki
peran sangat penting dalam suatu perusahaan, karena marketing memiliki fungsi
untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen serta
menguasai pasar. Banyaknya konsumen yang dimiliki perusahaan menentukan
banyaknya jumlah pemasukan bagi perusahaan. Semakin besar pemasukan yang
berhasil didapatkan, maka perusahaan akan semakin berkembang, demikian pula
sebaliknya.
Berikut adalah beberapa pengertian marketing
menurut Kotler dan para ahli lainnya.
Menurut American Marketing
Association dalam Kotler dan Keller (2009:5), “Pemasaran adalah suatu
fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan,
dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan
dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya”.
Menurut Hasan (2013:4), pemasaran
adalah proses mengidentifikasi, menciptakan dan mengkomunikasikan nilai
produk/barang/jasa, serta memelihara hubungan yang memuaskan dengan pelanggan dengan
maksud untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.
“Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba”. (Swastha dan Irawan, 2008:5)
“Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba”. (Swastha dan Irawan, 2008:5)
Tujuan pemasaran menurut Hasan
(2013:429) mencakup maksimalisasi keuntungan, memaksimalkan pangsa pasar,
memaksimalkan penjualan, meningkatkan citra merek, meningkatkan kepuasan
pelanggan, menyediakan value dan memelihara stabilitas harga.
Menurut Hasan (2013:436), strategi
pemasaran yang baik harus dibangun atas dasar pemahaman bisnis yang kuat,
dikombinasikan dengan pemahaman kebutuhan dan keinginan pelanggan, pesaing dan skills,
dan core bisnis termasuk dengan para pemasok dan distributor. Di semua
tipe bisnis, tiga langkah berikut ini dapat membantu dalam mencapai
keberhasilan:
1. Pelajari pelanggan dan pasar untuk mengetahui produk dan jasa apa yang dapat menciptakan nilai ekonomis yang memang sedang dibutuhkan pelanggan pada masa itu.
2. Kembangkan segmentasi yang mencerminkan daya tarik ekonomis bagi pelanggan.
3. Kembangkan nilai yang jelas bagi setiap segmen.
1. Pelajari pelanggan dan pasar untuk mengetahui produk dan jasa apa yang dapat menciptakan nilai ekonomis yang memang sedang dibutuhkan pelanggan pada masa itu.
2. Kembangkan segmentasi yang mencerminkan daya tarik ekonomis bagi pelanggan.
3. Kembangkan nilai yang jelas bagi setiap segmen.
“Kesuksesan finansial sering bergantung pada kemampuan
pemasaran. Finansial, operasi, akuntansi, dan fungsi bisnis lainnya tidak akan
berarti jika tidak ada cukup permintaan akan produk dan jasa sehingga
perusahaan bisa menghasilkan keuntungan. Harus ada pendapatan agar laba
didapat”. (Kotler dan Keller, 2009:4)
“Proses penerapan strategi pemasaran mengharuskan marketer
untuk mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan – pasar sasaran,
memuaskan pelanggan (lebih tinggi dari pesaing), dan menjaga pelanggan sebagai
sarana untuk keberlanjutan profit”. (Hasan, 2013:4)
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa
pemasaran adalah proses pencarian atas apa yang diinginkan dan dibutuhkan
konsumen, menyediakan barang atau jasa untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan
tersebut dan mengkomunikasikan nilai barang atau jasa serta penciptaan hubungan
dengan pelanggan sehingga dapat menciptakan kepuasan bagi pelanggan dan memberikan
laba bagi perusahaan yang bersangkutan.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia
yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia
membutuhkan air dalam
memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya
akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun
juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih
dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai
dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah
dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia
inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product),
penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang
(promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar
ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar
kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia
terutama pihak konsumen yang dituju.
Strategi pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting
bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan
dari sebuah perusahaan. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi
adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah
perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.” Sehingga dalam
menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui
strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah
yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat. Pemasaran
menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem
yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai
dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan
kebutuhan pembeli aktual maupun potensial. Berdasarkan definisi di atas, proses
pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang
akhirnya pemasaran memiliki tujuan yaitu :
1. Konsumen
potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan
dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2. Perusahaan
dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan
pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari
penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk,
komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan
konsumen secara cepat.
3. Mengenal dan
memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat
terjual dengan sendirinya.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan
koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh
faktor-faktor sebagai berikut :
1. Faktor
mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor
makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan
sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan
untuk pemasaran : Dari sudut pandang penjual :
- Tempat
yang strategis (place),
- Produk yang bermutu (product),
- Harga yang kompetitif (price), dan
- Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
1. Kebutuhan
dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya
konsumen (cost to the customer),
3. Kenyamanan
(convenience), dan
4. Komunikasi
(comunication).
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal
yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh
konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu
perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik
dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga
dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Rujukan
William J. Stanton, Prinsip Pemasaran, Alih Bahasa
Wilhelmus W. Bokowatun, Erlangga, Jakarta, 1991, hlm. 5.
Hasan, Ali. 2013. Marketing Dan
Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps
Kotler, Philip dan Kevin Lane
Keller. 2009. Manajemen Pemasaran.
Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan
oleh: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga
Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen
Pemasaran Modern.
Yogyakarta: Liberty Offset
Sumber Gambar: http://www.futurestaffnow.com/2014/09/now-hiring-marketing-intern
Tidak ada komentar:
Posting Komentar